Metode yang Membantu dalam Menghafal Alquran

SHARE:

Cara terbaik menghafal alquran, metode cepat menghafal alquran

 BEBERAPA METODE YANG MEMBANTU DALAM MENGUATKAN HAFALAN

Metode yang Membantu dalam Menghafal Alquran

Al-Allaamah Dr. Abdullah bin Abdurrahim al-Bukhari -semoga Allah senantiasa menjaga, melindungi dan mengokohkan beliau- menyebutkan:

 أما الوسائل التي تعين على تقوية الحفظ: 

"Diantara metode yang membantu dalam menguatkan hafalan:

▫️فمن أعظمها البعد عن المعاصي، قال ابن مسعود - رضي الله تعالى عنه - كما في روضة العقلاء ونزهة الفضلاء وهو أيضا في الحلية: «إني لأحسب أنّ الرجل ينسى العلم يتعلمه بالذنب يصيبه - أو يعمله -». 

1. Termasuk faktor yang paling besar adalah menjauhi maksiat.

Berkata Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu sebagaimana pada kitab Raudhatul Uqola wa Nazhatul Fudhola dan juga di kitab hilyah: 

"Sungguh aku benar-benar menyangka bahwasanya seseorang itu akan melupakan ilmu yang dia pelajari disebabkan dosa yang dia kerjakan."

▫️ومن أعظمها أيضاً كما قال الإمام وكيع - رحمه الله -: «كنا نستعين على حفظ الحديث بالعمل به، وعلى طلبه بالصوم» فإذاً هو يتنقل من عبادة إلى عبادة. 

2. Dan termasuk yang terbesarnya pula sebagaimana dikatakan oleh Imam Waki' rahimahullahu: "Dahulu kami meminta pertolongan (untuk kemudahan) dalam menghafal hadits dengan mengamalkannya, dan mengumpulkannya dengan berpuasa."

Demikianlah yaitu berkesinambungannya atau berpindahnya dari satu ibadah ke ibadah yang lain.

▫️وكذلك من أعظم الأسباب على تقوية الحفظ أن الإنسان لايشتّت ذهنه في الحفظ، يحفظ هنا، يحفظ هنا، يحفظ هنا، يحفظ هنا، «ازدحام العلم على السمع مضلة الفهم» كما قال الإمام الزهري - رحمه الله -، فلابد من ماذا؟ من التدرج، وتحفظ على قدر ما تستطيع، تستطيع الآية والآيتين، أو البيت والبيتين، لا تتجاوز ما لا تستطيع، لأنه يصيبك الملل، فإذا أصابك الملل تركت. 

3. Demikian pula termasuk dari sebab terbesar dalam menguatkan hafalan, hendaknya seseorang itu tidak memecah fokus pikirannya dalam menghafal.

Sekarang dia menghafal ini, di lain waktu menghafal itu, dan suatu waktu menghafal yang sana. 

"Sesaknya ilmu ketika mendengar disebabkan buntunya pemahaman."

 Sebagaimana yang dikatakan Imam az-Zuhri rahimahullahu. "Maka harus dari yang apa?

• Dari yang paling bawah, bertahap.

• Engkau menghafal sesuai kemampuan.

• Engkau mau menghafal seayat dan dua ayat saja.

• Atau menghafal sebait dan dua bait saja.

Jangan melampaui apa yang engkau tidak mampu. Kalau tidak kemalasan akan menimpamu. Apabila malas sudah menjangkitimu, maka engkau akan meninggalkan ilmu tadi."

▫️ومن أعظم أسباب الحفظ: التكرار؛ لأن هذا يقوي الذاكرة، مثل الرياضة، رياضة للذاكرة كما قال الإمام ابن القيم - رحمه الله -: «رياضة كل أمر بتكراره»، أنت اليد عندما تقوى إذا ما كررت رياضتها، والقدم بكثرة المشي، كذلك الذهن لكثرة التكرار والحفظ، والله عز وجل يحب من عبده أن يلجأ إليه وأن يسأله أن يعينه وأن يهديه وأن يسدده.

4. Dan termasuk sebab terbesar dalam menghafal adalah pengulangan. Dikarenakan ini menguatkan ingatan. 

Sebagaimana halnya latihan. (Yaitu) latihan untuk menguatkan hafalan.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Ibnul Qayyim rahimahullahu: 

"Latihan segala hal itu dengan pengulangan."

Lihatlah tanganmu, semakin kuat apabila semakin banyak melakukan latihan, kakimu dengan memperbanyak langkah.

Demikian pula pikiran dengan memperbanyak pengulangan atau hafalan.

Dan Allah Azza wa Jalla mencintai dari hamba-Nya yang berlindung, meminta, memohon pertolongan, meminta hidayah, dan meminta kekokohan kepada-Nya."

https://t.me/dr_elbukhary/2681

Alih bahasa: Hambali Banjarbaru

https://t.me/salafy_sorowako

============

SHALAT MALAM MENGOKOHKAN HAFALAN

Al-Allamah as-Sinkiti rahimahullah berkata, 

‏لا يُثَبِّتُ القُرآنَ في الصَّدر ، ‏ولا يُسَهِّلُ حِفظَهُ ،ويُيَسِّرُ فَهمَهُ ؛‏ إِلا القِيَامُ به من جَوف الليل! 

"Al Quran tidak akan menancap kuat dalam sanubari, tidak akan mudah dihafal, serta tidak akan mudah terpahami kecuali dengan (membacanya) dalam shalat malam."

Adwaul Bayan 8/359. 

HAFALAN KUAT DENGAN MENJAUHI KEMAKSIATAN

Ali bin khasyram rahimahullah berkisah,

" ما رأيت بيد وكيع كتابا قط إنما هو حفظ، فسألته عن أدوية الحفظ فقال: إن علمتك الدواء استعملته قلت: إي والله قال: ترك المعاصي ما جربت مثله للحفظ."


"Tidaklah aku melihat di tangan Waki' sebuah kitab pun, beliau hanya menggunakan hafalan. Maka aku pun bertanya kepada beliau tentang obat menghafal (agar hafalan menjadi kuat). 

Beliau pun menjawab,

'Apabila aku mengajarkanmu tentang obatnya, apakah engkau akan menggunakannya?'

Aku pun berkata

"Ya, demi Allah."

Beliau berkata : 

'Obatnya adalah meninggalkan kemaksiatan, tidak ada obat yang lebih ampuh untuk hafalan  yang semisal dengannya.'"

Siyar A'laamin Nubalaa 9/153.

https://t.me/KajianIslamTemanggung

➖➖➖➖➖➖➖➖➖

CARA TERBAIK MENGHAFAL AL-QURAN

Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baaz rahimahullah

Pertanyaan :

Jika di sana ada metode menghafal Al-Quran, maka saya berharap penjelasan akan hal itu, agar memungkinkan bagi saya untuk menghafal Al-Quran?

Jawaban :

1. Naam, yang pertama : MENJAGA WAKTU, hendaknya engkau rutin menjadikan waktu tertentu yang engkau mengosongkan hati, lalu engkau menghafal Al-Quran sesuai kemudahan. Terus engkau lanjutkan sedikit demi sedikit.

"Barangsiapa yang terus berlatih maka dia akan sampai."

Jangan engkau lemah, jangan kau tinggalkan, terus lanjutkan sedikit-sedikit Sampai engkau menghafalnya.

Di sana ada beberapa perkara yang bisa membantumu untuk itu, di antaranya;

Engkau semakin menundukkan diri kepada Allah,

berdoa kepadaNya, agar Dia menolong dirimu, mempermudah urusanmu dan agar Dia mengaruniakan kepadamu waktu yang tepat, pemahaman dan hafalan.

Engkau meminta kepada-Nya merendahkan diri kepada-Nya agar Dia menolong dirimu dan memudahkan dirimu menghafal kitab-Nya.

2. Yang kedua HENDAKNYA ENGKAU MEMINTA TOLONG KEPADA-NYA DENGAN KETAATAN & MENINGGALKAN KEMAKSIATAN KEPADA-NYA.

Maka engkau harus menjauhi perbuatan maksiat karena itu akan menghalangi dan menyebabkan kegagalan-kegagalan.

Maka ketaatan kepada Allah dan meninggalkan kemaksiatan termasuk sebab terbesar dalam meraih cita-cita yang tinggi

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا.

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ.

"Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah, maka dia akan menjadikan untuknya solusi jalan keluar dan memberikan rezeki kepadanya dari arah yang dia tidak sangka." (QS. At-Thalaq 2-3)

Allah berfirman :

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا

“Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, maka Allah akan menjadikan urusannya menjadi mudah.” (QS. At-Thalaq 4)

يَٰأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِن تَتَّقُواْ ٱللَّهَ يَجۡعَل لَّكُمۡ فُرۡقَانٗا

“Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan furqan (kemampuan membedakan antara yang hak dan batil) kepadamu.” (QS. Al-Anfal 29)

Yaitu cahaya dan pandangan melihat kebenaran.

Maka menaati Allah dan RasulNya dan meninggalkan maksiat kepadaNya termasuk sebab terbesar untuk menghafal Al-Quran dan memahaminya, dan juga sebab terbesar dalam segala kebaikan.

3. Yang ketiga :

MENCARI TEMAN YANG SHOLEH YANG MEMBANTUMU, MENGINGATKANMU,  MENYEMANGATI KAMU & MENGULANG PELAJARAN BERSAMAMU, MENGHAFAL BERSAMAMU.

Apabila itu dimudahkan, maka itu adalah sebesar-besar sebab yang membantu menghafal Al-Quran. Teman yang sholeh yang bisa membantu dirimu, mengingatkan dirimu dan belajar bersamamu.

4. Yang keempat adalah MEMILIKI PERHATIAN TERHADAP HAFALAN YANG TELAH ENGKAU HAFAL, TERUS SERING MENGULANGINYA SAMPAI TIDAK HILANG.

Jangan engkau menghafalnya lalu engkau tinggalkan, engkau tidak menjaganya dan tidak memiliki perhatian terhadap hafalan yang lalu. 

Hafalkan apa yang mudah bagimu walaupun sedikit.

Akan tetapi bersamaan dengan itu, engkau memperhatikan yg telah lalu. Mengulang-ulangnya dan mempelajarinya pada waktu yang sesuai, atau bersama temanmu sehingga tidak hilang hafalan yang telah lalu.

Fatawa Ad-Durus

https://tinyurl.com/3kv2m3fv

http://telegram.me/ahlussunnahposo 

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,234,Akhirat,22,Akhwat,108,Anak Muda dan Salaf,238,Anti Teroris,2,Aqidah,279,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,47,Doa Dzikir,67,Ebook,15,Fadhilah,71,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,344,Ghaib,17,Hadits,169,Haji-Umroh,16,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,79,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,237,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,289,Kitab,6,Kontemporer,155,Manhaj,177,Muamalah,46,Nabi,20,Nasehat,633,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,154,Renungan,95,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,25,Sejarah,53,Serial,3,Shalat,157,Syiah,25,Syirik,15,Tafsir,49,Tanya Jawab,594,Tauhid,54,Tazkiyatun Nafs,108,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,149,Tweet Ulama,6,Ulama,88,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Metode yang Membantu dalam Menghafal Alquran
Metode yang Membantu dalam Menghafal Alquran
Cara terbaik menghafal alquran, metode cepat menghafal alquran
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9oVfXj-rt202z0iAEuj8uS31lv0l-Mkj9DxL-0dR3Hmm_xjQ3kZPBPTT9bSHfVo3qP1A-GzLdoPn2vTp4TGs1kOUSD68ZGI0NPD-EPFNtwyoGx3SjvEe0BlxM_SUEQsz1HgjBH_fmieIO6_4m5yTGn-0QVIFwLe96pWqw9_Eyid2i4kSpVewAF82LJh4g/s16000/menghafal%20alquran.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9oVfXj-rt202z0iAEuj8uS31lv0l-Mkj9DxL-0dR3Hmm_xjQ3kZPBPTT9bSHfVo3qP1A-GzLdoPn2vTp4TGs1kOUSD68ZGI0NPD-EPFNtwyoGx3SjvEe0BlxM_SUEQsz1HgjBH_fmieIO6_4m5yTGn-0QVIFwLe96pWqw9_Eyid2i4kSpVewAF82LJh4g/s72-c/menghafal%20alquran.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2024/10/metode-yang-membantu-dalam-menghafal-alquran.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2024/10/metode-yang-membantu-dalam-menghafal-alquran.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy