Bimbingan Khusyuk di Dalam Shalat

SHARE:

Kiat Khusyuk Shalat Terjemah Kitab Al-Khusyū'u Fish Shalāti

BIMBINGAN KHUSYUK DI DALAM SHALAT

Judul Asli: الخشوع فى الصلاة | Al-Khusyū'u Fish Shalāti

Karya: Al-Hafizh Al-Imam Abdurrahman bin Ahmad bin Rajab Al-Hanbaliy Rahimahullah

•┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈• 

Bimbingan Khusyuk di Dalam Shalat


PENDAHULUAN

Sesungguhnya Allah ﷻ memuji di dalam kitab-Nya orang-orang yang merendahkan diri kepada-Nya, dan melunak hatinya terhadap keagungan-Nya, tunduk, dan khusuk kepada-Nya. 

Allah ﷻ berfirman,

اِنَّهُمْ كَانُوْا يُسٰرِعُوْنَ فِى الْخَيْرٰتِ وَيَدْعُوْنَنَا رَغَبًا وَّرَهَبًاۗ وَكَانُوْا لَنَا خٰشِعِيْنَ ۝

"Sungguh, mereka selalu bersegera dalam (mengerjakan) kebaikan, dan mereka berdoa kepada Kami dengan penuh harap dan cemas. Dan mereka orang-orang yang khusyuk kepada Kami". Qs. Al-Anbiya: 90.

Allah ﷻ juga berfirman,

وَالْخٰشِعِيْنَ وَالْخٰشِعٰتِ

"Dan orang-orang yang khusuk; baik laki-laki maupun perempuan" sampai pada firman-Nya,

اَعَدَّ اللّٰهُ لَهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا

"Allah telah menyiapkan bagi mereka ampunan dan pahala yang besar". Qs. Al-Ahzab: 35.


Allah ﷻ menyifati orang-orang beriman dengan khusuk kepada-Nya pada ibadah mereka yang paling mulia dan selalu mereka jaga. Allah ﷻ berfirman,

قَدْ اَفْلَحَ الْمُؤْمِنُوْنَ ۝ الَّذِيْنَ هُمْ فِيْ صَلَاتِهِمْ خٰشِعُوْنَ

"Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyuk dalam salatnya". Qs. Al-Mu'minun: 1-2

Juga menyifati orang-orang yang diberi ilmu dengan kekhusukan saat mereka mendengar firman-Nya. Allah ﷻ berfirman,

اِنَّ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ مِنْ قَبْلِهٖٓ اِذَا يُتْلٰى عَلَيْهِمْ يَخِرُّوْنَ لِلْاَذْقَانِ سُجَّدًاۙ ۝ وَّيَقُوْلُوْنَ سُبْحٰنَ رَبِّنَآ اِنْ كَانَ وَعْدُ رَبِّنَا لَمَفْعُوْلًا ۝ وَيَخِرُّوْنَ لِلْاَذْقَانِ يَبْكُوْنَ وَيَزِيْدُهُمْ خُشُوْعًا ۩

"Sesungguhnya orang yang telah diberi ilmu sebelumnya, apabila (Al-Qur'an) dibacakan kepada mereka, mereka menyungkurkan wajah, bersujud, dan mereka berkata, "Mahasuci Tuhan kami; sungguh, janji Tuhan kami pasti dipenuhi." Dan mereka menyungkurkan wajah sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk". Qs. Al-Isra: 107-109.

•┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈• 

MAKNA KHUSYUK

Asal dari khusyuk ialah lunaknya hati, lembutnya, tenangnya, tunduknya, merendahnya, dan luruhnya. 

Apabila hati telah khusyuk, maka akan diikuti oleh khusyuknya seluruh anggota badan. Karena memang badan itu mengikuti hati. Sebagaimana Nabi ﷺ bersabda,

ألا وإنَّ في الجَسَدِ مُضْغَةً، إذا صَلَحَتْ، صَلَحَ الجَسَدُ كُلُّهُ، وإذا فَسَدَتْ، فَسَدَ الجَسَدُ كُلُّهُ، ألا وهي القَلْبُ

"Ketahuilah, sesungguhnya di dalam jasad itu ada segumpal daging; bila ia baik, maka akan baik seluruh anggota badan, bila ia rusak, maka akan rusak seluruh anggota badan, ketahuilah, segumpal daging itu adalah hati" [HR. Bukhari 2051 dan Muslim 107]

Apabila hati telah khusyuk, niscaya pendengaran, penglihatan, kepala, wajah, dan seluruh anggota badan, sampaipun yang bersumber darinya dari ucapan juga akan ikut khuyuk.

Oleh karenanya, Nabi ﷺ ketika Ruku' di dalam shalat membaca,

خَشَعَ لكَ سَمْعِي وَبَصَرِي، وَمُخِّي، وَعَظْمِي

"Khusyuk kepada-Mu pendengaranku, penglihatanku, otak (pikiran)ku, dan tulang-belulangku". [HR. Muslim 201] dalam riwayat lain, beliau juga membaca,

و ما استقلت به قدمي

"Dan apa yang ditopang oleh kedua kakiku" [HR. Ahmad (1/119)]

Sebagian salaf melihat seseorang yang sedang memainkan tangannya ketika shalat, maka ia berkata, "Seandainya hati orang ini khusyuk, tentulah akan khusyuk juga anggota badannya". Atsar tersebut diriwayatkan dari Hudzaifah Ibnul Yaman, dan Sa'id bin Al-Musayyib. Juga diriwayatkan secara marfu' (sampai kepada Nabi ﷺ), tapi sanadnya tidak shahih.

•┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈• 

MAKNA KHUSYUK (2)

Berkata Al-Mas'udi, dari Abu Sinan, dari seseorang yang menyampaikan kepadanya dari Ali bin Abi Thalib beliau berkata tentang firman Allah Ta'ala,

الَّذِيْنَ هُمْ فِيْ صَلَاتِهِمْ خٰشِعُوْنَ

"(Yaitu) orang yang khusyuk dalam shalatnya." Qs. Al-Mukminun: 2.

Beliau berkata, "Khusyuk itu di dalam hati. (Pengaruhnya,) pundakmu lembut kepada seorang muslim, dan kamu tidak menoleh ketika shalat".

Berkata Atha bin As-Saib, dari seseorang, dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu'anhu (beliau berkata), "Khusyuk itu ialah khusyuknya hati, dan kamu tidak menoleh ke kanan dan ke kiri".

Berkata Ali bin Abi Thalhah, dari Ibnu Abbas radhiyallahu'anhu (beliau berkata) tentang firman-Nya,

الَّذِيْنَ هُمْ فِيْ صَلَاتِهِمْ خٰشِعُوْنَ

"(Yaitu) orang yang khusyuk dalam shalatnya". (Qs. Al-Mukminun: 2)
Mereka adalah orang-orang yang takut lagi tenang.

Berkata Ibnu Syaudzab, dari Al-Hasan rahimahullah, "Khusyuk itu bersemi dalam hati-hati mereka sehingga mereka menundukkan pandangannya ketika shalat".

Berkata Ibnu Abi Najih, dari Mujahid rahimahullah (beliau berkata) tentang firman-Nya,

وَكَانُوْا لَنَا خٰشِعِيْنَ

"Dan mereka orang-orang yang khusyuk kepada Kami." (Qs. Al-Anbiya: 90) Mereka adalah orang-orang yang rendah hati".

Allah ta'ala menyifati tanah dengan khusyuk (kering dan tandus) di dalam kitab-Nya. Allah berfirman,

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنَّكَ تَرَى الْاَرْضَ خَاشِعَةً فَاِذَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاۤءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْۗ

"Dan sebagian dari tanda-tanda (kebesaran)-Nya, engkau melihat bumi itu kering dan tandus, tetapi apabila Kami turunkan hujan di atasnya, niscaya ia bergerak dan subur." Qs. Fusshilat: 39.

Maka bergerak dan suburnya tanahn itu ialah naiknya tanah tersebut sehingga menghilangkan sifat khusyuknya (kering dan tandus). Hal ini menunjukkan bahwasannya khusyuknya tanah ialah diam dan merendahnya.

Begitu juga hati, bila ia khusyuk niscaya akan diam pikiran dan keinginan buruknya yang tumbuh karena mengikuti hawanafsu. Merendah dan tunduk kepada Allah, sehingga dengan itu menjadi hilanglah sikap sombong dan angkuhnya. Manakalah ini semua terdiam dalam hati, niscaya akan tenang juga anggota-anggota badan, dan seluruh gerakan-gerakannya, sampaipun suaranya.

Allah menyifati suara-suara dengan khusyuk di dalam firman-Nya,

وَخَشَعَتِ الْاَصْوَاتُ لِلرَّحْمٰنِ

"Dan semua suara tunduk merendah kepada Tuhan Yang Maha Pengasih". Qs. Thaha: 108.

Maka khusuknya suara ialah diam dan merendahnya setelah meningginya. 

Begitulah Allah menyifati wajah-wajah dan pandangan-pandangan orang-orang kafir pada hari kiamat dengan khusyuk (tunduk merendah). Hal ini menunjukkan bahwa khusyuk itu masuk ke dalam anggota-anggota tubuh seluruhnya.

•┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈• 

KHUSYUK NIFAQ

Manakala seorang memaksakan untuk menerapkan khusyuk pada anggota badan dan penglihatannya sedang hati kosong dari khusyuk maka yang demikian adalah khusyuk nifaq.

Itulah yang dahulu para salaf selalu berlindung darinya. Sebagaimana kata sebagian mereka, "Berlindunglah kepada Allah dari khusyuk nifaq!" 

"Apa itu khusyuk nifaq?" Tanya sebagian yang lain.  

"Yaitu kamu melihat jasad khusyuk tapi hati tiada khusyuk".

Umar radhiyallahu'anhu melihat seorang pemuda yang menundukkan kepalanya, maka ia berkata kepadanya, "Hai kamu ini, angkat kepalamu! Karena sesungguhnya khusyuk itu tidak lebih dari apa yang ada dalam hati".

Maka siapa menampakkan khusyuk yang itu berbeda dengan keadaan hatinya maka itu nifaq di atas nifaq.

Asal khusyuk yang bersemi dalam hati itu hanyalah bersumber dari mengenal Allah, mengenal Keagungan-Nya, Kemuliaan-Nya, dan Kesempurnaan-Nya. Siapa yang lebih kenal Allah, maka dialah yang lebih khusyuk

•┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈• 

TINGKATAN KHUSYUK


Khusyuk itu betingkat-tingkat dalam hati sesuai tingkatan pengenalannya terhadap Dzat yang dia Khusyuk kepada-Nya, dan sesuai tingkatan kesaksian hati terhadap sifat-sifat Allah yang membuahkan khusyuk.

Maka ada yang khusyuk karena mengetahui dengan persis akan dekatnya Allah dengan hamba-Nya dan mengetahui apa yang dirahasiakan dan disembunyikan hamba, yang itu membuahkan rasa malu kepada Allah dan selalu merasa diawasi oleh-Nya dalam setiap gerak dan diamnya.

Ada yang khusyuk karena mengetahui akan kesempurnaan dan keindahan Allah yang membuatnya tenggelam dalam cinta kepada Allah dan rindu ingin bertemu dan melihat-Nya.

Ada yang khusyuk karena mengetahui akan dahsyatnya siksa, murka, dan hukuman Allah yang membuahkan rasa takut kepada-Nya.

Dan Allah-lah yang akan menguatkan orang-orang yang telah patah hatinya karena takut terhadap keagungan-Nya. 

Dialah Allah yang mendekat kepada siapa yang bermunajat kepada-Nya di dalam shalat, dan meletakkan wajahnya di debu dalam sujud, sebagaimana Dia mendekat kepada orang-orang yang berdoa kepada-Nya, memohon, dan meminta ampunan dari dosa-dosanya pada waktu sahur, Dia mengabulkan doa mereka, dan memberi mereka apa yang dipintakan.

Tiada perkara yang lebih besar untuk menguatkan patahnya hati daripada kedekatan dengan Allah, dan pengkabulan (pintanya).

Imam Ahmad meriwayatkan dengan sanadnya dalam kitab Az-Zuhd dari Imran Al-Qashir berkata, 

"Musa 'alaihissalam berkata, "Wahai Rabbku, di manakah aku mencari-Mu?" 

Allah menjawab, "Carilah Aku pada orang-orang yang patah hatinya karena-Ku. Sesungguhnya Aku mendekat kepadanya sejarak satu hasta setiap hari. Kalaulah bukan karena hal itu, tentulah mereka akan binasa".

Ibrahim bin Al-Junaid meriwayatkan dalam kitabnya Al-Mahabbah dari Ja'far bin Sulaiman, berkata, "Aku mendengar Malik bin Dinar berkata,

"Musa 'alaihissalam berkata, "Tuhanku, di manakah aku mencari-Mu?" 

Lalu Allah mewahyukan kepadanya, "Hai Musa! Carilah Aku pada orang-orang yang patah hatinya karena-Ku. Sesungguhnya Aku mendekat kepadanya sejarak satu hasta setiap hari. Kalaulah bukan karena hal itu, tentulah mereka akan binasa".

Ja'far berkata, "Aku bertanya kepada Malik bin Dinar, "Bagaimana maksudnya orang-orang yang patah hatinya?" 

Malik bin Dinar menjawab, "Aku menanyakan hal itu kepada orang yang membacakannya kepadaku, ia menjawab, aku bertanya kepada Abdullah bin Salam karena apa orang-orang patah hatinya? Ia menjawab, "Yaitu orang-orang yang patah hatinya karena cintanya kepada Allah".

#TERJEMAH KITAB
#Fawaid_Ibnu_Rajab 

•┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈•
https://t.me/RaudhatulAnwar1

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,234,Akhirat,22,Akhwat,108,Anak Muda dan Salaf,238,Anti Teroris,2,Aqidah,279,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,47,Doa Dzikir,67,Ebook,15,Fadhilah,71,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,344,Ghaib,17,Hadits,169,Haji-Umroh,16,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,79,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,236,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,289,Kitab,6,Kontemporer,154,Manhaj,176,Muamalah,46,Nabi,20,Nasehat,631,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,95,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,25,Sejarah,53,Serial,3,Shalat,157,Syiah,25,Syirik,15,Tafsir,49,Tanya Jawab,593,Tauhid,54,Tazkiyatun Nafs,108,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,147,Tweet Ulama,6,Ulama,88,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Bimbingan Khusyuk di Dalam Shalat
Bimbingan Khusyuk di Dalam Shalat
Kiat Khusyuk Shalat Terjemah Kitab Al-Khusyū'u Fish Shalāti
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiztFsBk8tabebYZRVJKO7L1-3whmLNOA1Hif-ZLkuCTlyqL4sHNP33ifGC65Il7qwqzwN7b1nVAQOg9zT1Ik5nf4gJjHjHmoV54WmSFNtZBlgrB2eAIIaZf6zZW20PnSkDLEGnlAR8MF8FtGCXc6LrI793IXzTwLJF5z7npPYxLEEGGOnz9_8YlEvRUXY3/s16000/bimbingan%20khusyuk%20dalam%20shalat.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiztFsBk8tabebYZRVJKO7L1-3whmLNOA1Hif-ZLkuCTlyqL4sHNP33ifGC65Il7qwqzwN7b1nVAQOg9zT1Ik5nf4gJjHjHmoV54WmSFNtZBlgrB2eAIIaZf6zZW20PnSkDLEGnlAR8MF8FtGCXc6LrI793IXzTwLJF5z7npPYxLEEGGOnz9_8YlEvRUXY3/s72-c/bimbingan%20khusyuk%20dalam%20shalat.png
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2024/08/bimbingan-khusyuk-di-dalam-shalat.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2024/08/bimbingan-khusyuk-di-dalam-shalat.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy