Niscaya Allah Memberi Ganti Yang Lebih Baik

SHARE:

Siapa yang orientasinya dunia, akan diberikan untuknya hanya secuil dari apa yang ia cari.

Niscaya Allah Memberi Ganti Yang Lebih Baik

Niscaya Allah Memberi Ganti Yang Lebih Baik
24 tahun yang lalu saat kerusuhan, dari kota Ambon menuju desa Gemba di pulau Seram harus menggunakan transportasi speedboat. 

Dari pasar Batu Merah naik speedboat menyeberangi Teluk Ambon ke Poka Rumahtiga. Dilanjutkan perjalanan darat menuju pelabuhan Leihitu. Lalu kembali naik speedboat melewati laut Seram sampai desa Gemba.

Selain waktu yang lama, tenaga yang terkuras, masih ada beban biaya yang lumayan.

Kini sudah berbeda! Dari kota Ambon ke Gemba bisa ditempuh dengan singkat.

Dakwah Sunnah di kota Ambon sudah melekat dan sangat familiar. Gaungnya menyentuh sampai sudut terjauh dan melewati garis yang tak terduga sebelumnya.

Termasuk negeri Laha. Sebuah desa di kecamatan Teluk Ambon yang berjarak 14 km dari pusat kota. 

Letaknya yang di ujung Teluk Ambon, dibatasi tanjung Alang dan tanjung Nusaniwe, membuat negeri Laha memiliki keindahan alam yang Subhanallah.

Garis pantainya 3,5 km. Perairannya dikenal sebagai spot diving terkenal. Ada beberapa jenis biota laut yang hanya ditemukan di perairan Ambon, khususnya perairan negeri Laha.

Seperti negeri-negeri lainnya di Ambon, penduduk asli Laha memiliki marga/fam yang bercirikhas, seperti : Mewar, Laturua, dan Hehuat.

Di negeri Laha lah Bandara Pattimura berada. Sempat berstatus internasional, kini Bandara Pattimura kembali menjadi bandara domestik.

Jangan heran jika ke Ambon menggunakan transportasi udara! Pegawai di lingkungan bandara banyak yang menampakkan Sunnah. 

Iya, ada 15 ikhwan yang bekerja di lingkungan bandara Pattimura. Dari porter, petugas cleaning servis, security, perawatan fisik pesawat, hingga di manajemen.

Semuanya penduduk negeri Laha. Memang, rata-rata para pekerja direkrut dari daerah-daerah di sekeliling bandara. 

Amanah, disiplin, dan tanggungjawab kerja adalah sifat karyawan yang sangat disukai. Dicari dan diapresiasi. Hal itulah yang menyebabkan ikhwan-ikhwan dapat diterima di lingkungan bandara.

Tentu, ridha Allah Ta’ala adalah kata kuncinya!

Salah satu dari mereka telah bekerja selama 13 tahun, misalnya. Dengan penuh semangat namun gayeng, ia berkisah. 

Seorang atasannya tidak suka bahkan terang-terangan menampakkan kebencian. Pasalnya? Berjenggot.

Hingga puncaknya ia dimutasi dari staf di sebuah divisi menjadi petugas kebersihan pesawat. Ia terima dengan senang hati. Sejak saat itu, tugasnya mencuci bodi pesawat dan membersihkan ruang kabin untuk pesawat yang menginap.

Tidak berselang lama, dilakukan pengurangan jumlah karyawan. Semua karyawan di divisi sebelumnya ia berasal di-PHK. Hanya atasannya itu yang dipertahankan. Itupun diberi tugas lapangan, yaitu penyedia air bersih.

" Alhamdulillah. Setelah jadi tukang cuci pesawat, saya hanya bekerja 2 jam dalam satu hari. Dari jam 3 sampai jam 5 sore. Tapi, gajinya lebih besar dari sebelumnya ", katanya.

Kadang-kadang seorang hamba dihantui oleh kekhawatiran yang tidak beralasan. Ditakut-takuti oleh setan, jika berkomitmen dalam agama, thalabul ilmi, dan mengamalkan Sunnah Nabi, nanti akan begitu dan begini.

Ada bayang-bayang miskin, masa depan suram, dibenci dan dikucilkan, konflik, kehilangan jabatan, dibully, dan bayang-bayang ketakutan lainnya.

Jika mengalami hal tersebut, ingat dan renungkanlah baik-baik 2 ayat berikut ini!

مَّن كَانَ يُرِيدُ الْعَاجِلَةَ عَجَّلْنَا لَهُ فِيهَا مَا نَشَاءُ لِمَن نُّرِيدُ ثُمَّ جَعَلْنَا لَهُ جَهَنَّمَ يَصْلَاهَا مَذْمُومًا مَّدْحُورًا

" Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa yang kami kehendaki bagi orang yang kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir" [Al Isra: 18]

وَمَنْ أَرَادَ الْآخِرَةَ وَسَعَىٰ لَهَا سَعْيَهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَٰئِكَ كَانَ سَعْيُهُم مَّشْكُورًا

" Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik" [Al Isra: 19]

Maha benar Allah!

Siapa yang orientasinya dunia, akan diberikan untuknya hanya secuil dari apa yang ia cari. 

Setelahnya, ia pasti terpenjara oleh ambisi-ambisinya. Ia tersiksa karena seolah yang ia cari tidak ada ujungnya. Tidak pernah ia merasa puas. Ia haus akan kerakusannya. Di akhirat, neraka Jahannam telah menantinya.

Beruntunglah yang mencari ridha Allah Ta’ala! Ia selalu dilindungi Allah, dijaga, dimudahkan urusannya, dan dijauhkan dari hal-hal yang membuatnya susah. Asalkan ia beriman dan berorientasi pada kehidupan akhirat!

Satu hadis Nabi Muhammad ﷺ jangan lupakan!

إنك لَن تدَع شيئًا للهِ عزَّ وجلَّ إلا بدَلك اللهُ به ما هو خيرٌ لكَ منه

" Sungguh! Tidaklah engkau meninggalkan sesuatu, lillahi 'azza wa jalla (hanya karena Allah), melainkan Allah pasti memberi ganti yang lebih baik darinya untukmu " HR Ahmad 21996 dan disahihkan Al Albani.

Ganti yang lebih baik? Iya! Namun, perlu diingat bahwa ganti yang lebih baik tidak mesti satu jenis dengan yang ia tinggalkan.

Tidak mesti suatu pekerjaan ditinggalkan karena haram, lantas Allah memberi ganti pekerjaan dengan gaji yang lebih besar. 

Bisa jadi ia mendapatkan pekerjaan dengan gaji lebih kecil dari sebelumnya, namun Allah lipatkan qana’ah nya, keluarganya diberi taufik untuk hidup sederhana, hatinya lebih tenang, kesempatan ibadahnya semakin banyak, atau hal-hal baik lainnya.

Terkait hadis di atas, Ibnul Qayyim ( Al Fawaid, hal.107) menjelaskan, " Pengganti yang dimaksud macam-macam bentuknya. Namun,  ganti yang terbaik adalah rasa damai dan cinta karena Allah, hati yang tenang dengannya- Nya. Ia akan kuat, semangat, bahagia, dan ridha kepada Allah Ta'ala.

Berbahagialah seorang hamba yang terbuka hatinya untuk menerima hidayah dan menggenggamnya sekuat-kuat mungkin. Anda tidak akan merugi! Anda tidak mungkin kecewa!

Musholla As Shofa, 14 Mei 2024

http://t.me/anakmudadansalaf

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,234,Akhirat,22,Akhwat,108,Anak Muda dan Salaf,237,Anti Teroris,2,Aqidah,279,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,47,Doa Dzikir,67,Ebook,15,Fadhilah,71,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,344,Ghaib,17,Hadits,169,Haji-Umroh,16,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,79,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,236,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,289,Kitab,6,Kontemporer,154,Manhaj,176,Muamalah,46,Nabi,20,Nasehat,631,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,95,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,25,Sejarah,53,Serial,3,Shalat,157,Syiah,25,Syirik,15,Tafsir,49,Tanya Jawab,593,Tauhid,54,Tazkiyatun Nafs,108,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,147,Tweet Ulama,6,Ulama,88,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Niscaya Allah Memberi Ganti Yang Lebih Baik
Niscaya Allah Memberi Ganti Yang Lebih Baik
Siapa yang orientasinya dunia, akan diberikan untuknya hanya secuil dari apa yang ia cari.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh3TXTkyO2j5TD0EEoj5KZvd0U47G_ZpGejSfl-Gm8Wp0_vebzBn0foYGXOAsJ9gpTSVZDRI8RtuS9r-J5R9XhYyNYuv1xwyhpD0BFWcsIRl4SOX6j66_Y7YGsZzOqmdcscuXX7KnqcO8HGrUPZAiAptcIR7RWiLXuYaISsE-_tvE5mFGsI3pBj6uWjdEFd/s16000/niscaya%20allah%20ganti%20yg%20lebih%20baik.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh3TXTkyO2j5TD0EEoj5KZvd0U47G_ZpGejSfl-Gm8Wp0_vebzBn0foYGXOAsJ9gpTSVZDRI8RtuS9r-J5R9XhYyNYuv1xwyhpD0BFWcsIRl4SOX6j66_Y7YGsZzOqmdcscuXX7KnqcO8HGrUPZAiAptcIR7RWiLXuYaISsE-_tvE5mFGsI3pBj6uWjdEFd/s72-c/niscaya%20allah%20ganti%20yg%20lebih%20baik.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2024/05/niscaya-allah-memberi-ganti-yang-lebih.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2024/05/niscaya-allah-memberi-ganti-yang-lebih.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy