Kisah Biografi Abu Ubaidah bin al Jarrah radhiyallahu anhu
ABU UBAIDAH
Beliau adalah Sa’ad bin Abi Waqqash Malik bin Uhaib bin Abdi Manaf bin Zuhrah bin Kilab bin Murrah bin Kaab bin Luay panglima perang Abu Ishaq al-Qurasy az-Zuhry al-Makky, salah satu dari sepuluh sahabat yang dijamin masuk surga, generasi awal umat ini, salah satu yang mengikuti perang Badar, Hudaibiyyah dan salah satu dari enam orang yang ditunjuk Umar untuk menentukan pemimpin setelahnya. Beliau merupakan pemanah yang ulung. Beliau berjuang dan senantiasa setia dengan sang Nabi yang mulia, di dalam riwayat al-Bukhari dan Muslim disebutkan,
وَإِنِّي لأَوَّلُ المُسْلِمِيْنَ رَمَى المُشْرِكِيْنَ بِسَهْمٍ، وَلَقَدْ رَأَيْتُنِي مَعَ رَسُوْلِ اللهِ -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- سَابِعَ سَبْعَةٍ، مَا لَنَا طَعَامٌ إِلاَّ وَرَقَ السَّمُرِ، حَتَّى إِنَّ أَحَدَنَا لَيَضَعُ كَمَا تَضَعُ الشَّاةُ.
“Sesungguhnya aku adalah orang pertama dari kaum muslimin yang memanah kaum musyrikin dalam peperangan. Sungguh aku bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, orang ke tujuh dari tujuh orang. Tidaklah ada makanan yang kami makan melainkan daun-daunan sehingga salah seorang dari kami sungguh buang air besar mengeluarkan kotorannya seperti kotoran kambing.”
Dalam suatu peperangan, Rasulullah pernah memerintahkan Sa’ad untuk melepaskan panahnya dan ini merupakan kebanggaan tersendiri pada Sa’ad yang tidak dimiliki oleh sahabat lainnya. Sa’ad bercerita,
مَا جَمَعَ رَسُوْلُ اللهِ -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- أَبَوَيْهِ لأَحَدٍ قَبْلِي، وَلَقَدْ رَأَيْتُهُ لَيَقُوْلُ لِي: (يَا سَعْدُ! ارْمِ فِدَاكَ أَبِي وَأُمِّي
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam belum pernah menyebut ayah dan ibunya kepada seorang pun sebelumku. Sungguh aku melihat beliau berkata kepadaku,
‘Wahai Sa’ad! Lemparkanlah anak panahnya. Ayah dan ibuku menjadi tebusanmu.'” (as-Siyar,1/98).
Al-Imam Ibnu Katsir berkata,
يَوْمَ أَسْلَمَ عُمْرُهُ سَبْعَ عَشْرَةَ سَنَةً
“Ketika masuk Islam usianya masih tujuh belas tahun.” (al-Bidāyah wa an-Nihāyah, 8/72).
Beliau dari Bani Zuhrah dan Bani Zuhrah termasuk dari paman-paman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari pihak ibu sebagaimana yang disebutkan oleh al-Imam al-Bukhari di dalam shahihnya,
باب مناقب سعد بن أبي وقاص الزهري وبنو زهرة أخوال النبي صلى الله عليه وسلم وهو سعد بن مالك
“Bab tentang keutamaan Sa’ad bin Abi Waqqash az-Zuhriy (dari Bani Zuhrah). Dan Bani Zuhrah adalah paman-paman Nabi dari pihak ibu. Namanya adalah Sa’ad bin Malik.”
Al-Hafidz ibnu Hajar berkata,
لأَنَّ أُمَّهُ آمِنَةَ مِنْهُمْ وَأَقَارِبُ الْأُمِّ أَخْوَالٌ
“Karena ibu beliau yaitu Aminah adalah dari Bani Zuhrah dan kerabat-kerabat ibu termasuk paman (dari arah ibu).” (Fath al-Baarii, 7/83).
Bahkan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat bangga dengan keberadaan Sa’ad menjadi pamannya (dari arah ibu). Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhuma berkata,
أقبلَ سعدٌ فقالَ النبي صلَّى اللَّه عليه وسلم هذا خالي فليُرِني امرؤٌ خالَهُa
‘Pada suatu hari Sa’ad datang, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
‘Ini adalah pamanku (dari arah ibu). Hendaknya seseorang memperlihatkan kepadaku mana pamannya (dari arah ibu).'” (Shahih at-Tirmidzi, no. 3.752).
Subhanallah betapa senangnya sang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyambut kehadiran sang paman. Al-Imam al-Mubarakfuuri berkata,
أَيْ لِيُظْهِرَ أَنْ لَيْسَ لِأَحَدٍ خَالٌ مِثْلُ خَالِي
“Yakni beliau ingin memperlihatkan bahwa tidak ada bagi seorang pun paman (dari arah ibu) yang sama dengan paman beliau.” (Tuhfah al-Ahwadzī, 10/174).
Setelah masuk Islam, Sa’ad menjadi salah satu sahabat Nabi yang tidak gentar dalam membela agama Allah. Tidak pernah ragu sedikit pun dengan kebenaran yang diterimanya, sekalipun ibunya sendiri yang menentangnya.
Beliau dikenal sangat berbakti kepada ibunya. Tatkala beliau memeluk agama yang dibawa oleh sang Nabi, ibunya pun tidak setuju dan memerintahkannya untuk kembali kufur dengan dalih berbakti kepada orang tua. Disebutkan kisahnya di dalam riwayat yang shahih,
حَلَفَتْ أُمُّ سَعْدٍ أَنْ لا تُكَلِّمَهُ أَبَدًا حتَّى يَكْفُرَ بدِينِهِ، وَلَا تَأْكُلَ وَلَا تَشْرَبَ، قالَتْ: زَعَمْتَ أنَّ اللَّهَ وَصَّاكَ بوَالِدَيْكَ، وَأَنَا أُمُّكَ، وَأَنَا آمُرُكَ بهذا، قالَ: مَكَثَتْ ثَلَاثًا حتَّى غُشِيَ عَلَيْهَا مِنَ الجَهْدِ، فَقَامَ ابْنٌ لَهَا يُقَالُ له عُمَارَةُ، فَسَقَاهَا، فَجَعَلَتْ تَدْعُو علَى سَعْدٍ، فأنْزَلَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ في القُرْآنِ هذِه الآيَةَ: {وَوَصَّيْنَا الإنْسَانَ بوَالِدَيْهِ حُسْنًا وإنْ جَاهَدَاكَ علَى أَنْ تُشْرِكَ بي..} وَفِيهَا {وَصَاحِبْهُما في الدُّنْيَا مَعْرُوفًا}.
“Ibu Sa’ad bersumpah untuk tidak berbicara dengan Sa’ad sampai beliau kufur terhadap agamanya, dia enggan untuk makan dan minum dan berkata,
‘Engkau menyebutkan bahwa Allah mewasiatkan kepadamu agar berbakti kepada kedua orang tuamu sedangkan aku adalah ibumu, memerintahkanmu untuk ini (murtad).’
Sa’ad pun bertutur,
‘Ibu berdiam selama tiga hari sampai dia pingsan karena tidak tahan lalu anaknya yang bernama ‘Umarah memberinya minum kemudian ibu mendoakan kejelekan untuk Sa’ad. Lalu Allah turunkan firman-Nya,
‘Kami wasiatkan kepada manusia untuk berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Walaupun mereka memerintahkanmu berbuat syirik yang engkau pasti tidak ada ilmu tentangnya, maka jangan ditaati.’ (al-Ankabut: 8).
Dan di dalam ayat lain disebutkan,
‘Tetaplah pergauli mereka di dunia dengan baik.'” (Luqman: 15). (Muslim, no. 1.748).
Bahkan al-Imam al-Baghawi menyebutkan kisah yang serupa,
وَأُمُّهُ حَمْنَةُ بِنْتُ أَبِي سُفْيَانَ بْنِ أُمَيَّةَ بْنِ عَبْدِ شَمْسٍ لَمَّا أَسْلَمَ، وَكَانَ مِنَ السَّابِقِينَ الْأَوَّلِينَ وَكَانَ بَارًّا بِأُمِّهِ قَالَتْ لَهُ أُمُّهُ: مَا هَذَا الدِّينُ الَّذِي أَحْدَثْتَ وَاللَّهِ لَا آكُلُ وَلَا أَشْرَبُ حَتَّى تَرْجِعَ إِلَى مَا كُنْتَ عَلَيْهِ أَوْ أَمُوتَ فَتُعَيَّرَ بِذَلِكَ أبد الدهر، فيقال: يَا قَاتِلَ أُمِّهِ، ثُمَّ إِنَّهَا مَكَثَتْ يَوْمًا وَلَيْلَةً لَمْ تَأْكُلْ وَلَمْ تَشْرَبْ وَلَمْ تَسْتَظِلَّ فَأَصْبَحَتْ وقد جَهَدَتْ ثُمَّ مَكَثَتْ يَوْمًا آخَرَ وَلَيْلَةً لَمْ تَأْكُلْ وَلَمْ تَشْرَبْ، فَجَاءَ سَعْدٌ إِلَيْهَا وَقَالَ: يَا أُمَّاهُ لَوْ كَانَتْ لَكِ مِائَةُ نَفْسٍ فَخَرَجَتْ نَفْسًا نَفْسًا مَا تركت ديني فكلي وَإِنْ شِئْتِ فَلَا تَأْكُلِي، فَلَمَّا أَيِسَتْ مِنْهُ أَكَلَتْ وَشَرِبَتْ، فَأَنْزَلَ الّه تَعَالَى هَذِهِ الْآيَةَ، وَأَمَرَهُ بِالْبِرِّ بِوَالِدَيْهِ وَالْإِحْسَانِ إِلَيْهِمَا وَأَنْ لَا تعطهما فِي الشِّرْكِ
“Ibunya bernama Hamnah binti Abi Sufyan bin Umayyah bin ‘Abdi asy-Syams ketika beliau masuk Islam, beliau termasuk generasi awal dan beliau sangat berbakti terhadap ibunya. Ibunya berkata ketika beliau masuk Islam,
‘Agama baru apa ini? Demi Allah aku tidak mau makan dan minum sampai engkau kembali kepada agamamu yang dulu atau aku mati maka engkau akan dicela dengan sebab itu selalu dengan sebutan ‘Pembunuh ibunya.’ kemudian sehari semalam dia berdiam tidak makan, tidak minum dan tidak berteduh sampai pagi dan sungguh dia merasakan letih kemudian sehari semalam pada hari berikutnya dia pun masih tidak makan dan tidak minum, lalu Sa’ad pun datang menemuinya seraya berkata dengan penuh hikmah,
‘Wahai ibunda walaupun engkau memiliki seratus nyawa, keluar satu persatu, aku tidak akan meninggalkan agamaku ini. Jika engkau ingin, makanlah! Jika tidak, maka tidak.’
Sampai akhirnya sang ibu berputus asa lalu dia makan dan minum. Lalu Allah turunkan ayat tersebut dan memerintahkan Sa’ad untuk tetap berbakti kepada kedua orang tuanya dan jangan ditaati mereka dalam hal kesyirikan.” (Tafsiir al-Baghawi, 3/551).
Di dalam kisah ini kita mendapatkan faedah yang sangat berharga yaitu kita tidak boleh menaati siapa pun itu sekalipun kedua orang tua kita dalam perkara kemaksiatan kepada Allah. Inilah akhlak mulia pada Sa’ad yang semestinya kita jadikan teladan.
Sa’ad dikenal sebagai orang yang ahli memanah dan orang yang selalu dikabulkan doanya. Hal tersebut dapat terjadi karena doa dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada beliau.
Al-Imam al-Haitsami berkata,
عَنْ عَامِرٍ – يَعْنِي الشَّعْبِيَّ – قَالَ: «قِيلَ لِسَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ: مَتَى أَصَبْتَ الدَّعْوَةَ؟ قَالَ: يَوْمَ بَدْرٍ، كُنْتُ أَرْمِي بَيْنَ يَدَيِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – فَأَضَعُ السَّهْمَ فِي كَبِدِ الْقَوْسِ، ثُمَّ أَقُولُ: اللَّهُمَّ زَلْزِلْ أَقْدَامَهُمْ، وَأَرْعِبْ قُلُوبَهُمْ، وَافْعَلْ بِهِمْ وَافْعَلْ. فَيَقُولُ النَّبِيُّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: ” اللَّهُمَّ اسْتَجِبْ لِسَعْدٍ».
رَوَاهُ الطَّبَرَانِيُّ، وَإِسْنَادُهُ حَسَنٌ.
وَقَدْ تَقَدَّمَ فِي وَقْعَةِ أُحُدٍ: أَنَّ السِّهَامَ الَّتِي رَمَى بِهَا يَوْمَئِذٍ أَلْفُ سَهْمٍ.
١٤٨٥٢ – وَعَنْهُ قَالَ: «سَمِعَنِي النَّبِيُّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – وَأَنَا أَدْعُو، فَقَالَ: ” اللَّهُمَّ اسْتَجِبْ لَهُ إِذَا دَعَاكَ».
رَوَاهُ الْبَزَّارُ، وَرِجَالُهُ رِجَالُ الصَّحِيحِ
“Dari Amir asy-Sya’bi dia berkata, dikatakan kepada Sa’ad bin Abi Waqqash, ‘Kapan doamu terkabul?’ beliau menjawab, ‘Pada saat perang Badar. Aku memanah di hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, aku letakkan anak panah pada busurnya lalu aku berdoa,
‘Ya Allah tergelincirkanlah kaki-kaki mereka, jadikanlah hati mereka takut, lakukanlah terhadap mereka.’ Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menimpali dengan doanya,
‘Ya Allah kabulkanlah doa Sa’ad.’ (Dikeluarkan oleh at-Thabrani dengan sanad yang hasan).
Dan sungguh terbukti dalam perang Uhud bahwa beliau melemparkan seribu anak panah ketika itu.
Beliau pun pernah berujar,
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memperdengarkan doanya kepadaku,
‘Ya Allah kabulkanlah doanya apabila dia berdoa kepada-Mu.’
(Dikeluarkan oleh al-Bazzar, rawi yang meriwayatkannya adalah rawi yang shahih).”
Di akhir hidupnya beliau menjauhi fitnah yang terjadi pada masa itu. Al-Imam adz-Dzahabi berkata,
قُلْتُ: اعْتَزَلَ سَعْدٌ الفِتْنَةَ، فَلاَ حَضَرَ الجَمَلَ، وَلاَ صِفِّيْنَ، وَلاَ التَّحْكِيْمَ، وَلَقَدْ كَانَ أَهْلاً لِلإِمَامَةِ، كَبِيْرَ الشَّأْنِ -رَضِيَ اللهُ عَنْهُ
“Sa’ad menjauhi fitnah. Beliau tidak mengikuti peristiwa Jamal, Shiffiin dan Tahkiim. Beliau adalah orang yang pantas menjadi imam, kedudukannya tinggi radhiyallahu ‘anhu.(as-Siyar, 1/122).
Al-Imam adz-Dzahabi juga menyebutkan bahwa, “beliau meninggal di suatu tempat yang disebut dengan al-Aqiiq, beliau orang Muhajirin yang paling terakhir wafatnya.” (as-Siyar, 1/123 dan 1/140).
Referensi:
- Siyar a’lam an-Nubalaa’
- Shahih al-Bukhari
- Shahih Muslim
- Al-Bidaayah wa an-Nihaayah
- Fath al-Baarii
- Majma’ az-Zawaaid
- Tafsiir al-Baghaawi
- Shahih at-Tirmidzii
- Tuhfah al-Ahwadzii
- Semoga bermanfaat.
Ditulis oleh: Abu Fudhail ‘Abdurrahman ibnu ‘Umar غفر الرحمن له.
Ayo Gabung dan Bagikan:
Kanal Telegram: https://t.me/alfudhail
https://www.alfudhail.com/mengenal-al-mubasysyariina-bil-jannah-8-abu-ubaidah/
KOMENTAR