Inilah Tawasul yang Sesuai Syariat Islam Berdasarkan Al Quran dan Hadits Nabi.
TAWASSUL
Setelah pada edisi yang lalu kita mengetahui bahaya kesyirikan yang sangat besar di dunia dan akhirat, kita perlu mengetahui secara rinci bentuk-bentuk kesyirikan yang banyak terjadi di tengah-tengah masyarakat kita. Di antara bentuk-bentuk yang banyak terjadi pada mereka adalah berdoa dan meminta pada kuburan- kuburan yang dianggap keramat, kepada orang-orang shalih yang telah mati atau kepada jin dan malaikat.
Banyak pula di antara mereka yang bertawassul (mengambil perantara) dengan ruh atau kedudukan nabi dan bertawassul dengan kemuliaan para wali dan orang-orang shalih (yang sudah mati). Jika kita mencermati nash-nash dalam al-Qur'an maupun Sunnah, maka akan kita dapati pula hal demikian ini terjadi pada zaman jahiliyah dulu ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam diutus.
Kaum musyrikin di zaman jahiliyah dulu ataupun pada zaman kita ini selalu beralasan bahwa tidak menyembah mereka sesembahan-sesembahan tadi melainkan hanya sebagai taqarruban (mendekatkan diri) dan wasilah (perantara) kepada Allah Azza wa Jalla. Allah Azza wa Jalla mengkisahkan jawaban mereka ketika diperingatkan dari kesyirikan dalam firman-Nya,
الا لِلَّهِ الدِّينُ الْخَالِصُ وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِن دُونِهِ أَوْلِيَاءَ مَا نَعْبُدُهُمْ إِلَّا لِيُقَرِّبُونَا إِلَى اللَّهِ زُلْفَى إِنَّ اللَّهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِي مَا هُمْ فِيهِ يَخْتَلِفُونَ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي مَنْ هُوَ كَذِبُ كَفَّارٌ
Ingatlah, hanya kepunyaan Allah- lah syirik). agama yang bersih (dari Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat- dekatnya." Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar. (az-Zumar: 3)
Siapakah yang lebih sesat daripada orang-orang yang meminta sesuatu kepada selain Allah ta'ala, yang hingga hari kiamat pun ia tidak dapat mengabulkan permintaannya. Mereka telah mati, telah terputus hubungannya dengan kita dan berbeda alamnya. Bahkan Mereka di alam barzakh disibukkan dengan urusannya sendiri.
وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّن يَدْعُوا مِن دُونِ اللَّهِ مَن لَّا يَسْتَجِيبُ لَهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَمَةِ وَهُمْ عَن دُعَابِهِمْ غَفِلُونَ )
"Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang menyembah •sembahan-sembahan selain Allah yang tiada dapat memperkenankan (doa) nya sampai hari kiamat dan mereka lalai dari (memperhatikan) doa mereka?" (al-Ahqaf: 5)
Mengapa tidak meminta secara langsung kepada yang Mendengar dan Maha Melihat? Dan Rabb-mu berfirman, Maha
"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina." (az-Zumar: 60)
Mereka yang dianggap oleh sebagian masyarakat dapat menyampaikan harapannya kepada Allah ta'ala, dalam keadaan sedang sibuk mendekatkan diri mereka sendiri kepada-Nya, mengharapkan rahmat dari-Nya dan takut akan adzab-Nya. Dan mereka tidak dapat mendengarkan doa mereka. Bahkan jika mereka adalah orang-orang yang shalih ketika hidup di dunia, tentu akan mengingkari kesyirikan ini pada hari kiamat kelak.
إن تدعُوهُمْ لَا يَسْمَعُوا دُعَاءَكُمْ وَلَوْ سَمِعُوا مَا اسْتَجَابُوا لَكُمْ وَيَوْمَ الْقِيمَةِ يَكْفُرُونَ بِشِرْكِكُمْ وَلَا يُبْتُكَ مِثْلُ خَبِيرٌ )
"Jika kamu menyeru mereka tiada mereka, mendengar seruanmu; dan kalaupun mereka mendengar, mereka tidak dapat memperkenankan permintaanmu. Dan pada hari kiamat mereka akan mengingkari kemusyrikanmu dan tidak ada yang dapat memberi keterangan kepadamu sebagai yang diberikan oleh Yang Maha Mengetahui." (Fathir: 14)
Maka yang akan terjadi pada hari kiamat adalah mereka saling salah- menyalahkan sebagaimana dalam kelanjutan ayat dalam surat al-Ahqaf. di atas:
وَإِذَا حُشِرَ النَّاسُ كَانُوا هُمْ أَعْدَاءَ وَكَانُوا بِعِبَادَتِهِمْ كَفِرِينَ
"Dan apabila manusia dikumpulkan (pada hari kiamat) niscaya sembah- an-sembahan itu menjadi musuh mereka dan mengingkari pemujaan- pemujaan mereka." (al-Ahqaf: 6)
Untuk itu perlu kita bahas makna tawassul dan wasilah. Karena jika terjadi kesalahan dalam masalah ini dapat menjerumuskan seseorang dalam kesyirikan besar yang dapat menggugurkan seluruh amalannya.
Definisi tawassul
Tawassul berasal dari kata الوسيلة yaitu suatu sebab mengantarkan pada yang dapat tercapainya tujuan. Wasilah juga mempunyai makna yang lain, yaitu kedudukan di sisi raja, atau derajat dan kedekatan. Di dalam hadits berikut ini kata wasilah dipakai untuk pengertian "kedudukan tinggi di surga".
إذَا سَمِعْتُمُ النَّدَاءَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ الْمُؤَذِّنُ، ثُمَّ صَلُّوا عَلَيَّ فَإِنَّ مَنْ صَلى عَلَى صَلاةٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا، ثُمَّ سَلُوا الله لي الْوَسِيلَةَ فَإِنَّهَا مَنْزِلَةٌ في الجنَّةِ لا تَنْبَغِي إِلا لَعَبْدٍ مِنْ عِبَادِ اللهِ وَأَرْجُوْا أَنْ أَكُونَ هُوَ فَمَنْ سَأَلَ لِيَ الْوَسِيْلَةَ حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ. (رواه مسلم
"Apabila kamu mendengar (ucapan) muadzin, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkannya. Kemudian bersholawatlah kepadaku karena sesungguhnya orang yang membaca satu sholawat kepadaku, maka Allah akan membalasnya sepuluh kali. Kemudian mintalah kepada Allah untukku wasilah, karena ia adalah kedudukan di surga yang tidak layak kecuali bagi seorang hamba di antara hamba-hamba Allah dan aku berharap menjadi orang tersebut. Barangsiapa untukku wasilah tersebut ia berhak meminta memperoleh syafaat." (HR. Muslim)
Itulah makna wasilah secara bahasa.
Adapun makna wasilah menurut al-Qur'an adalah sebagaimana firman Allah:
يَتَأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيلَةَ وَجَهِدُوا فِي سَبِيلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
"Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan." (al-Maidah: 35)
Al-Hafidz Ibnu Katsir rohimahulloh- ketika mengutip penafsiran Ibnu Abbas, Mujahid, Abu Wail, al-Hasan, Abdulloh bin Katsir, as-Suddi, Ibnu Zaid, dan lainnya berkata bahwa wasilah di dalam ayat ini (al-Maidah ayat 35) ialah peribadatan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah. Beliau juga menukil perkataan Qatadah mengenai ayat tersebut: "Mendekatkan kepada Allah dengan menaati-Nya dan mengerjakan amal yang membuat-Nya ridha."
Maka tawassul atau wasilah adalah mencari jalan kepada Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya dengan beribadah kepadanya dengan cara yang diajarkan oleh Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wa sallam. Dengan demikian hendaklah orang yang berdoa mengambil perantara agar dikabulkan doanya dengan perkara- perkara yang dicintai dan disukai oleh Allah subhanahu wa ta'ala, yaitu yang diajarkan oleh. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Bukan dengan kebid'ahan yang membuat Allah ta'ala benci bukan pula dengan kesyirikan yang mambuat Allah ta'ala murka!
Tawassul yang Disyariatkan
Ada beberapa macam tawassul yang disyari'atkan dan dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, yaitu:
1. Bertawassul dengan nama-nama Allah ta'ala, sifat-sifat-Nya, dan perbuatan-Nya
وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا
"Hanya milik Allah asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu ..." [al-A'raf: 180]
Di antara tawassul dengan nama- nama Allah ta'ala adalah ucapan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam:
اَللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ ابْنُ عَبْدِكَ بْنُ أَمَتِكَ نَصِيَتِي بِيَدِكَ مَاضٍ فِي حُكْمُكَ عَدْلُ فِي قَضَاؤُكَ أَسْأَلُكَ اللهُمَّ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَنْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أو أَنْزَلْتَهُ فِي كتابك أو اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الغَيْبِ وَنُورَ صَدْرِي وَجَلَاءَ حُزْنِي وَذَهَابَ هَمَّي وَغَيْ. (رواه أحمد وصححه الألباني)
"Ya Allah, aku adalah hamba-Mu, anak hamba-Mu yang laki-laki dan anak hamba-Mu yang perempuan. Ubun-ubunku ada di tangan-Mu. Hukum-Mu telah berlaku atasku. Ketentuan-Mu telah adil bagiku. Aku memohon kepada-Mu, ya Allah, dengan semua nama yang Engkau miliki yang Engkau namakan diri- Mu dengannya. Atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu. Atau yang Engkau ajarkan kepada salah seorang dari hamba-Mu. Atau yang Engkau khususkan dalam ilmu ghaib di sisi-Mu. Jadikanlah al- Qur'an al-Azhim sebagai penyejuk hatiku, cahaya dadaku, penghilang kesedihan dan kegelisahanku." (HR. Ahmad dan dishohihkan oleh al- Albani)
Di antara tawassul dengan menyebutkan sifat-Nya adalah doa beliau shallallahu 'alaihi wa sallam:
أعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ. (رواه مسلم)
"Aku berlindung dengan kemuliaan dan kekuasaan Allah dari kejelekan yang aku jumpai dan aku takuti." (HR. Muslim)
Dan di antara tawassul dengan perbuatan-perbuatan Allah ta'ala adalah sholawat yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam yang dikenal dengan sholawat Ibrohimiyah yaitu:
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحمدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ
Ya Allah, berilah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau telah memberikan sholawat kepada Ibrohim dan keluarganya.
Kalimat "kama shallaita" dalam hadits di atas yang artinya "sebagaimana Engkau memberi shalawat" merupakan salah satu perbuatan Allah ta'ala.
2. Bertawassul dengan keimanan kepada Allah dan Rasul-Nya
Adapun dalil bolehnya tawassul dengan keimanan yaitu firman Allah ta'ala:
ربَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِى لِلْإِيمَنِ أَنْ امِنُوا بِرَبِّكُمْ فَامَنَّا رَبَّنَا فَأَغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْأَبْرَارِ
Ya Rabb kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): "Berimanlah kamu kepada Rabb-mu", maka kamipun beriman. Ya Rabb kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang- orang yang banyak berbakti. (Ali Imran: 193)
Dari ayat di atas disebutkan bahwa dengan sebab keimanan kami kepada Rasul-Mu maka ampunilah dosa kami. Maka jadilah iman kepada Allah dan Rasul-Nya menjadi wasilah atau sebab diampuni dosa-dosa.
3. Bertawassul dengan keadaan orang yang berdoa.
Yaitu seorang yang berdoa bertawassul dengan keadaannya, seperti pernyataan seseorang ketika berdoa:
أَللَّهُمَّ إِنِّي أَنَا الْفَقِيْرُ إِلَيْكَ، أَللَّهُمَّ إِنِّي أَنَا الْأَسِيرُ بَيْنَ يَدَيْكَ
"Ya Allah, sesungguhnya aku ini faqir sangat membutuhkanmu. Ya Allah sesungguhnya aku ini tawanan (budak) milikmu...."
Adapun dalilnya adalah firman Allah ta'ala:
فَقَالَ رَبِّ إِنِي لِمَا أَنزَلْتَ إِلَى مِنْ خَيْرٍ فَقِير
Ya Rabb-ku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku." (al-Qoshosh: 24)
4. Bertawassul dengan doanya orang yang mungkin dikabulkan doanya.
Adapun dalilnya adalah hadits tentang seseorang yang meminta kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam untuk berdoa kepada Allah ta'ala agar diturunkan hujan, orang itu berkata:
"Wahai Rasulullah, telah binasa harta benda kami dan terputus jalan-jalan, maka mohonkanlah kepada Allah agar menurunkan hujan". Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengangkat kedua tangannya, lalu berdoa: "Ya Allah turunkanlah hujan, ya Allah turunkanlah hujan." (HR. Muslim)
Dalam hal ini perlu diperhatikan bahwa syarat orang yang diminta untuk berdoa adalah:
1. Hadir atau dapat mendengar permintaan orang tersebut.
2. Masih hidup dan dapat melakukan doa tersebut.
3. Hati harus tetap yakin bahwa Allahlah yang akan menentukan segala sesuatunya. Tidak ada kecenderungan hati kepada selain-Nya.
Adapun meminta didoa-kan atau meminta disampaikan keinginannya kepada orang yang telah mati atau kepada kuburan-kuburan, atau kepada orang yang tidak hadir dan tidak mendengar walaupun masih hidup, maka yang demikian merupakan kesyirikan yang nyata.
5. Bertawassul dengan amal shalih; yakni menyebutkan dalam doanya amal shalih yang pernah dikerjakannya.
Hal itu seperti yang ditunjukkan oleh sebuah hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Umar, bahwa ada 3 orang laki-laki yang terkurung di dalam gua. Kemudian mereka berdoa dengan menyebutkan amalan shalihnya masing-masing agar dibukakan pintu gua tersebut dari batu yang menutupinya. Akhirnya Allah ta'ala mengabulkan doa mereka, dan mereka dapat keluar dari gua tersebut.
Demikianlah uraian ringkas tentang tawassul yang disyari'atkan dan peringatan terhadap bentuk-bentuk tawassul yang dapat menjerumuskan kita dalam kesyirikan. Semoga Allah senantiasa menjauhkan kita dari segala macam kesyirikan sehingga akan selamatlah amalan-amalan kita. Amien. Wallahu a'lam.
Sumber : Majalah Fawaid edisi ke-16/11/1436 H/2015
KOMENTAR