Hukum Keluar Bercak Kuning / Hitam Setelah Selesai Haid
KELUAR BERCAK HITAM SETELAH SELESAI HAID
Pertanyaan:
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Bagaimana hukumnya wanita setalah haid mandi bersih pada pagi harinya dan pada siang harinya ada flek (bercak) hitam yang keluar. Apakah mandi wajib lagi kemudian salat?
جزاكم الله خيرا و بارك الله فيكم
Jawaban:
Oleh al-Ustadz Abu Fudhail Abdurrahman ibnu Umar hafizhahullah.
وعليك السلام ورحمة الله وبركاته
Yang pertama sekali hendaknya dilakukan oleh seorang wanita adalah jangan terburu-buru! Hendaknya dia benar-benar memperhatikan apakah dia sudah suci atau belum seperti dengan cara melihatnya menggunakan kapas. Jika sudah keluar benar-benar putih tanpa ada bercak kuning atau warna keruh berarti telah suci, dia mengerjakan salat dan puasa serta boleh bagi suaminya menggaulinya sebagaimana yang terjadi saat para wanita bertanya kepada Aisyah radhiyallahu 'anha disebutkan di dalam suatu riwayat,
كانت النساءُ يَبْعَثْنَ إلى عائشةَ بالدُّرَجَةِ فيها الكُرْسُفُ فيه الصُّفْرَةُ ، فتقولُ : لاتَعْجَلْنَ حتى تَرَيْنَ القَصةَ البيضاءَ
"Dahulu para wanita datang kepada Aisyah dengan membawa benda yang di dalamnya terdapat kapas yang terdapat warna ke kuning-kuningan (keluar dari tempat haid) maka Aisyah berkata, 'Jangan kalian terburu-buru! Sampai kalian melihat warnanya putih.'" (HR. Malik dan disahihkan oleh al-Imam al-Albani di dalam al-Irwā', no. 198)
Al-Hafizh ibnu Hajar menerangkan,
حتى تخرج القطنة بيضاء نقية لا يخالطها صفرة
"Yakni sampai kapas itu keluar dalam keadaan putih cemerlang yang tidak ada campuran warna kuning." ( Fath al-Bārī, jilid 1, hlm. 420).
Apabila ini telah dilakukan dan ternyata muncul bercak berwarna keruh atau kuning setelah itu, maka tidak memudaratkannya, dia telah suci. Bercak tersebut tidak dianggap haid, berdasarkan apa yang telah disampaikan oleh sahabat yang mulia Ummu 'Athiyyah radhiyallahu 'anha,
كُنَّا لا نَعُدُّ الكُدْرَةَ والصُّفْرَةَ شيئًا
"Kami tidak menganggap al-Kudrah dan ash-Shufrah sedikit pun (dari haid)." (HR. al-Bukhari, no. 326).
Di dalam sunan Abi Daud lebih jelas lagi disebutkan,
كنا لا نعد الكدرة والصفرة بعد الطهر شيئا
"Kami tidak menganggap sedikitpun (dari haid) al-Kudrah dan ash-Sufrah setelah suci."
Syekh Abdul Muhsin al-Abbad menerangkan,
والكدرة: هي الماء الذي أصابه شيء غير لونه وغير صفاءه، فجعل فيه كدرة، ولم يعد صافيا، وهو ليس بأصفر ولا بأحمر، ولكنه مثل الماء الكدر
والصفرة: هي ما يخرج من المرأة بعد انقضاء دمها مما يكون لونه أصفر
"Al-Kudrah merupakan air yang terjadi padanya selain warnanya dan tidak bersih, keruh, tidak kuning dan tidak pula merah. Tetapi seperti air keruh. Sedangkan ash-Shufrah adalah yang keluar dari wanita setelah darahnya selesai yang berwarna kuning." ( Syarh Sunan Abi Dāūd, 47/8).
Dan bercak yang seperti ini dibersihkan seperti membersihkan air kencing. Syekh Abdul Aziz bin Baz berkata,
بعد الطهر إذا جاءت كدرة أو صفرة بعد الطهر لا تمنع الصلاة ولا الصيام، ولكنها تكون كالبول تستنجين منها وتصلين
"Setelah suci apabila datang kudrah atau shufrah tidaklah menghalangi seseorang dari salat dan puasa. Tetapi bercak tersebut seperti kencing, dia cebok darinya dan tetap mengerjakan salat." ( https://binbaz.org.sa/fatwas/8101/حكم-الصفرة-والكدرة-قبل-الحيض-او-بعد).
Tetapi, jika warna keruh atau kuning tersebut datang ketika masa-masa haidnya maka tetap dihukumi darah haid dan belum suci tidak boleh salat dan puasa serta tidak boleh suaminya menggaulinya sebagaimana yang dipahami dari hadis di atas. Al-Hafizh ibnu Hajar menerangkan,
وفيه دلالة على أن الصفرة والكدرة في أيام الحيض حيض
"Dalam hal ini terdapat dalil bahwa ash-Shufrah dan al-Kudrah apabila terjadi pada masa-masa haid, maka dihukumi darah haid." ( Fath al-Bārī, jilid 1, hlm. 420).
Wallahua'lam.
📃 Sumber: Majmu'ah al-Fudhail
✉️ Publikasi: https://t.me/TJMajmuahFudhail
KOMENTAR