Pindah tempat di masjid bagi orang berdzikir seteleh shalat shubuh agar mendapatkan pahala haji dan umrah.
MASALAH PINDAH TEMPAT DI MASJID BAGI ORANG YANG BERDZIKIR SETELAH SHALAT SHUBUH HINGGA MATAHARI TERBIT
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ، ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ ، كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ . قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ (رواه الترمذي، رقم 586، وقال : حسن غريب . وصححه الألباني في " السلسلة الصحيحة، رقم 3403)
"Siapa yang shalat Shubuh secara berjamaah, kemudian duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian dia shalat dua rakaat, maka baginya pahala bagaikan pahala haji dan umrah. Dia (Anas) berkata, 'Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, 'Sempurna, sempurna, sempurna"
(HR. Tirmizi, no. 586, dia berkata, hasan gharib. Dishahihkan oleh Al-Albany dalam Silsilah Ash-Shahihah, no. 3403)
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah ditanya tentang hadits yang maknanya, tentang orang yang shalat Shubuh secara berjamaah kemudian duduk di tempatnya, berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian dia shalat dua rakaat, maka baginya pahala haji dan umrah yang sempurna sempurna. Apakah yang demikian itu berarti orang yang berpindah tempat duduknya ke tempat duduk yang lain dalam masjid agar lebih nyamandan tenang, akan terhalang dari keutamaan ini?
Beliau menjawab dengan perkataannya:
"Zhahir (teks) hadits menunjukkan bahwa hal itu tidak menghalangi. Karena masjid seluruhnya adalah tempat shalat. Maka, jika ia pindah dari satu tempat ke tempat yang lain untuk bersandar pada tiang atau lainnya ataupun lebih nyaman dan jauh dari orang-orang yang membaca al Qur'an sehingga tidak mengganggu mereka, semuanya ini tidak mengapa. Ia tetap memperoleh keutamaan ini insya Allah.
Fatawa Nurun 'Alaa ad Darb Libni Baz 10/390
http://t.me/ukhwh
سئل فضيلة الشيخ عبد العزيز بن باز رحمه الله: الحديث الذي معناه بأن الذي يصلي الفجر في جماعة ثم يجلس في مكانه يذكر الله حتى تطلع الشمس، ثم يصلي ركعتين، كانت له كأجر حجة وعمرة تامة تامة، هل معنى ذلك بأن الذي يغير المكان في المسجد في مكان أكثر راحة وهدوءا يحجب عن هذا الفضل ؟
فأجاب بقوله: الظاهر أنه لا يحجب؛ لأن المسجد كله مصلى، فإذا انتقل من مكان إلى مكان ليستند على عمود أو غيره أو لأنه أريح وأبعد عن هؤلاء القراء حتى لا يشوش عليهم كله لا بأس، يحصل له الفضل إن شاء الله.
فتاوى نور على الدرب لابن باز(10/390)
KOMENTAR