Kutipan Kata Mutiara Salaf tentang Larangan Taklid dalam Agama
Kajian Aqidah Ringkas
Bismillah banyak orang yg tertipu dengan perasaan dan prasangkanya belaka, dan sedikit orang yg mau menimbang dg ilmu , sehingga ketertarikan dg dakwah terkadang hanya ditimbang berdasarkan perasaan dan prasangkanya saja. Orang orang yg seperti ini bisa terjerumus kepada taklid buta serta kesombongan diri yg menipu iman yg lemah lagi jahil.
Taqlid Buta adalah perilakunya orang - orang jahiliyah yg Rosul Sholallohu alaihi wassalam telah menyelesihi mereka :
Berkata Syeikh Al Imam Muhammad Bin Abdul Wahab Rahikumulloh :
إن دينهم مبني على أصول: أعظمها التقليد، فهو القاعدة الكبرى لجميع الكفار، أولهم وآخرهم،
"Sesungguhnya agama mereka yakni orang - orang jahiliyah dahulu terbangun atas beberapa pondasi dan yg paling utamanya adalah Taklid Buta, Ini merupakan kaidah besar bagi semua orang kafir sejak dulu hingga sekarang.
Ibnu Abbas Rahimahulloh berkata:
: أراهم سيهلكون ! أقول : قال النبي صلى الله عليه و سلم ، و يقولون : قال أبو بكر و عمر
(رواه أحمد و غيره)
“Aku mengira mereka akan binasa. Aku mengatakan, ‘Nabi Shallallahu’alaihi wasallam bersabda, sedang mereka mengatakan, ‘Abu Bakar dan Umar berkata’.” (HR. Ahmad dan Lainya)
و قال الشاعر يُنكر على المحتجين بكلام شيوخهم أقول قال الله قال رسوله , فتجيب شيخي إنه قد قال
Seorang pujangga menyenandungkan syair yang mengingkari orang-orang yang berdalih dengan ucapan para syaikh mereka. Ia berkata, “Aku katakan padamu, ‘Allah berfirman, Rasul-Nya bersabda’, lalu kamu menjawab, ‘Syaikh saya telah berkata begini begitu!
Al-Imam asy-Syafi’i Rahimahulloh (Madzhab Syafi’i) mengatakan:
كل مسألة صح فيها الخبر عن رسول الله صلى الله عليه وسلم عند أهل النقل بخلاف ما قلت؛ فأنا راجع عنها في حياتي وبعد موتي
“Semua permasalahan yang sudah disebutkan dalam hadits yang sahih dari Rasulullah dan berbeda dengan pendapat saya, maka saya rujuk dari pendapat itu ketika saya masih hidup ataupun sudah mati.”
Al-Imam Malik Rahimahulloh (Madzhab Maliki) mengatakan:
إنما أنا بشر أخطئ وأصيب، فانظروا في رأيي؛ فكل ما وافق الكتاب والسنة فخذوه، وكل ما لم يوافق الكتاب والسنة فاتركوه
“Saya hanyalah manusia biasa, mungkin salah dan mungkin benar. Maka perhatikanlah pendapat saya, jika sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah maka ambillah. Apabila tidak sesuai dengan keduanya maka tinggalkanlah.”
Al-Imam Abu Hanifah Rahimahulloh (Madzhab Hanafi) mengatakan:
لا يحل لأحد أن يأخذ بقولنا ما لم يعلم من أين أخذناه
وفى رواية: «حرام على مَن لم يعرف دليلي أن يفتى بكلامي «فإننا بشر، نقول القول اليوم ونرجع عنه غدًا
“Tidak halal bagi siapa pun mengambil pendapat kami tanpa mengetahui dari mana kami mengambilnya.” Dalam riwayat lain, beliau mengatakan, “Haram bagi siapa pun yang tidak mengetahui dalil yang saya pakai untuk berfatwa dengan pendapat saya. Karena sesungguhnya kami adalah manusia, perkataan yang sekarang kami ucapkan, mungkin besok kami rujuk (kami tinggalkan).”
Al-Imam Ahmad Bin Hambal Rahimahulloh (Madzab Hambali mengatakan) :
لا تقلدني، ولا تقليد مالكًا ولا الشافعي ولا الأوزاعي ولا الثوري، وخذ من حيث أخذوا
“Janganlah kalian taklid kepada saya dan jangan taklid kepada Malik, asy-Syafi’i, al-Auza’i, ataupun (Sufyan) ats-Tsauri. Tapi ambillah (dalil) dari mana mereka mengambilnya.”
Maka Mari kita renungi bersama Firman-Nya :
وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ تَعَالَوْا۟ إِلَىٰ مَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ وَإِلَى ٱلرَّسُولِ قَالُوا۟ حَسْبُنَا مَا وَجَدْنَا عَلَيْهِ ءَابَآءَنَآ ۚ أَوَلَوْ كَانَ ءَابَآؤُهُمْ لَا يَعْلَمُونَ شَيْـًۭٔا وَلَا يَهْتَدُونَ
“Apabila dikatakan kepada mereka’Marilah mengikuti apa yang diturunkan Allah dan mengikutiRasul’. Mereka menjawab, ‘Cukuplah untuk kami apa yang kami dapati bapak-bapak kamimengerjakannya. ‘Dan apakah mereka akan mengikuti juga nenek moyang mereka walaupun nenekmoyang mereka itu tidak mengetahui apa-apa dan tidak (pula) mendapat petunjuk” (AI-Maa’idah: 104)
يخبرنا الله عن حال المشركين حينما قال لهم الرسول صلى الله عليه و سلم : تعالوا إلى القرآن و توحيد الله و دعائه وحده، فقالوا يكفينا عقيدة الآباء، فرد عليهم القرآن قائلا إن آباءكم جهال لا يعلمون شيئا و لم يهتدوا إلى طريق الحق
Allah mengabarkan kepada kita dari keadaan orang-orang musyrik, saat Rasulullah Shallallaahu’alaihi wa Sallam berkata kepada mereka, “Marilah mengikuti Al-Qur’an dan mentauhidkan Allah,serta berdo’a hanya kepada Allah semata.”
Mereka kemudian menjawab, “Cukuplah bagi kami kepercayaan nenek moyang kami.” Maka Al-Qur’an membantah mereka bahwa nenek moyang mereka itu adalah bodoh, tidak mengetahuisesuatu serta tidak mendapat petunjuk kepada jalan yang benar.
✅Alloh Ta'ala Juga Berfirman :
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تُقَدِّمُوا۟ بَيْنَ يَدَىِ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ ۖ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌۭ
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَرْفَعُوٓا۟ أَصْوَٰتَكُمْ فَوْقَ صَوْتِ ٱلنَّبِىِّ وَلَا تَجْهَرُوا۟ لَهُۥ بِٱلْقَوْلِ كَجَهْرِ بَعْضِكُمْ لِبَعْضٍ أَن تَحْبَطَ أَعْمَٰلُكُمْ وَأَنتُمْ لَا تَشْعُرُونَ
إِنَّ ٱلَّذِينَ يَغُضُّونَ أَصْوَٰتَهُمْ عِندَ رَسُولِ ٱللَّهِ أُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ ٱمْتَحَنَ ٱللَّهُ قُلُوبَهُمْ لِلتَّقْوَىٰ ۚ لَهُم مَّغْفِرَةٌۭ وَأَجْرٌ عَظِيمٌ
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan RasulNya.dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu meninggikan suaramu lebih dari suara Nabi, dan janganlah kamu berkata kepadanya dengan suara keras sebagaimana kerasnya (suara) sebahagian kamu terhadap sebahagian yang lain, supaya tidak hapus (pahala) amalanmu sedangkan kamu tidak menyadari.
Sesungguhnya orang-orang yang merendahkan suaranya di sisi Rasulullah mereka itulah orang-orang yang telah diuji hati mereka oleh Allah untuk bertakwa. Bagi mereka ampunan dan pahala yang besar.
(Al-Hujurat: 1-3)
CATATAN UNTUK KITA SEMUA :
Ini adalah nasehat buat kita semua agar setiap orang yang beriman senantiasa mengedepankan serta mengagungkan perintah Alloh dan rosul-Nya , Dan larangan taqlid buta (bersikukuh mengekor) dengan pendapat orang yang dia cintai walaupun dari bapak-bapaknya, saudaranya, atau kyai-kyainya(ustadznya) yang mereka telah menyelisihi sunnah serta jalanya para ulama salaf yang kokoh lagi terpercaya dalam manhajnya.Wallohu A’lam
Akhukum Fillah Dipondok Annashihah Cepu.
📝 Akhukum Fillah Dipondok Annashihah Cepu.Dikutip dari Alquran Alkarim, Tafsir Ibnu Katsir, Shahih Imam Ahmad, Shahih Figh Sunnah, Alfirqotun Najiyah.Syarah masail jahiliyah Syeikh Fauzan.
Telegram : https://t.me/Pesantren_Salaf_Online
❗ PEMIKIRAN-PEMIKIRAN ANEH YANG MUNCUL DARI ORANG-ORANG YANG FANATIK 👎🏻
📝 Berkata al-Madani¹:
"Duhai betapa mengherankan apa yang mereka katakan karena kefanatikan
Sesungguhnya al-Masih ('Isa) bermadzhab Hanafi"
❌❗ Berkata al-Hashkafi di dalam kitab karyanya, ad-Durrul Mukhtar hal 13 tentang al-Imam Abu Hanifah:
👎🏻 "Cukuplah bagimu yang menunjukkan keutamaan beliau adalah tersebarnya madzhab beliau. Tidaklah beliau mengucapkan sebuah pendapat kecuali para imam dari kalangan ulama mengambil pendapat tersebut. Dan sungguh Allah telah menjadikan hukum (agama ini) ada di tangan para sahabat dan pengikutnya semenjak jaman beliau hingga hari ini sampai pada akhirnya Isa 'alayhis salam (menjelang kiamat-pent) akan berhukum dengan madzhab beliau pula."
🍋 Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i (TwIS)
✒️ Abu Abdillah Rahmat Situbondo
🔎 Muraja'ah: Al-Ustadz Musa bin Hadi hafizhahullah
🗓 20 Shafar 1439
09 November 2017
✏ Catatan Kaki:
1. Berkata asy-Syaikh Arafat bin Hasan hafizhahullah:
"Beliau adalah Muhammad bin Sa'id bin Safar al-Madani, salah seorang ulama yang bermadzhab Hanafi. Beliau termasuk ulama Madinah. Wafat pada abad ke-12. Beliau mempunyai manzhumah (syair) yang indah. Dan bait di atas adalah sebagian diantara isi syair tersebut.
2. Beliau adalah Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Ali bin Abdurrahman bin Muhammad al-Hashni, lebih dikenal dengan nama 'Ala-uddin al-Hashkafi. Seorang ulama ahli fiqh, ushul, muhaddits, dan nahwu ( *tapi sayangnya seorang fanatikus madzhab*-pent). Beliau adalah mufti madzhab Hanafi di Damaskus. Lahir tahun 1025 H dan wafat tahun 1088 H (diambil dari wikipedia Arab)
🇸🇦 Arabic
قال المدني:
واعجب لما قالوا من التعصبِ
إن المسيح حنفي المذهبِ
يقول الحصكفي في الدر المختار ص١٣ عن أبي حنيفة:
(وحسبك من مناقبه اشتهار مذهبه ما قال قولا إلا أخذ به إمام من الأئمة الأعلام وقد جعل الله الحكم لأصحابه وأتباعه من زمنه إلى هذه الأيام إلى أن يحكم بمذهبه عيسى عليه السلام)
https://twitter.com/Arafatbinhassan/status/928049879930327045
Jauhi Fanatik Buta dan kecondongan hati tanpa ilmu ( atau hanya berdasarkan perasaan pribadi semata)
Bismillah banyak orang yg tertipu dengan perasaan dan prasangkanya belaka, dan sedikit orang yg mau menimbang dg ilmu , sehingga ketertarikan dg dakwah terkadang hanya ditimbang berdasarkan perasaan dan prasangkanya saja. Orang orang yg seperti ini bisa terjerumus kepada taklid buta serta kesombongan diri yg menipu iman yg lemah lagi jahil.
Taqlid Buta adalah perilakunya orang - orang jahiliyah yg Rosul Sholallohu alaihi wassalam telah menyelesihi mereka :
Berkata Syeikh Al Imam Muhammad Bin Abdul Wahab Rahikumulloh :
إن دينهم مبني على أصول: أعظمها التقليد، فهو القاعدة الكبرى لجميع الكفار، أولهم وآخرهم،
"Sesungguhnya agama mereka yakni orang - orang jahiliyah dahulu terbangun atas beberapa pondasi dan yg paling utamanya adalah Taklid Buta, Ini merupakan kaidah besar bagi semua orang kafir sejak dulu hingga sekarang.
Ibnu Abbas Rahimahulloh berkata:
: أراهم سيهلكون ! أقول : قال النبي صلى الله عليه و سلم ، و يقولون : قال أبو بكر و عمر
(رواه أحمد و غيره)
“Aku mengira mereka akan binasa. Aku mengatakan, ‘Nabi Shallallahu’alaihi wasallam bersabda, sedang mereka mengatakan, ‘Abu Bakar dan Umar berkata’.” (HR. Ahmad dan Lainya)
و قال الشاعر يُنكر على المحتجين بكلام شيوخهم أقول قال الله قال رسوله , فتجيب شيخي إنه قد قال
Seorang pujangga menyenandungkan syair yang mengingkari orang-orang yang berdalih dengan ucapan para syaikh mereka. Ia berkata, “Aku katakan padamu, ‘Allah berfirman, Rasul-Nya bersabda’, lalu kamu menjawab, ‘Syaikh saya telah berkata begini begitu!
Al-Imam asy-Syafi’i Rahimahulloh (Madzhab Syafi’i) mengatakan:
كل مسألة صح فيها الخبر عن رسول الله صلى الله عليه وسلم عند أهل النقل بخلاف ما قلت؛ فأنا راجع عنها في حياتي وبعد موتي
“Semua permasalahan yang sudah disebutkan dalam hadits yang sahih dari Rasulullah dan berbeda dengan pendapat saya, maka saya rujuk dari pendapat itu ketika saya masih hidup ataupun sudah mati.”
Al-Imam Malik Rahimahulloh (Madzhab Maliki) mengatakan:
إنما أنا بشر أخطئ وأصيب، فانظروا في رأيي؛ فكل ما وافق الكتاب والسنة فخذوه، وكل ما لم يوافق الكتاب والسنة فاتركوه
“Saya hanyalah manusia biasa, mungkin salah dan mungkin benar. Maka perhatikanlah pendapat saya, jika sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah maka ambillah. Apabila tidak sesuai dengan keduanya maka tinggalkanlah.”
Al-Imam Abu Hanifah Rahimahulloh (Madzhab Hanafi) mengatakan:
لا يحل لأحد أن يأخذ بقولنا ما لم يعلم من أين أخذناه
وفى رواية: «حرام على مَن لم يعرف دليلي أن يفتى بكلامي «فإننا بشر، نقول القول اليوم ونرجع عنه غدًا
“Tidak halal bagi siapa pun mengambil pendapat kami tanpa mengetahui dari mana kami mengambilnya.” Dalam riwayat lain, beliau mengatakan, “Haram bagi siapa pun yang tidak mengetahui dalil yang saya pakai untuk berfatwa dengan pendapat saya. Karena sesungguhnya kami adalah manusia, perkataan yang sekarang kami ucapkan, mungkin besok kami rujuk (kami tinggalkan).”
Al-Imam Ahmad Bin Hambal Rahimahulloh (Madzab Hambali mengatakan) :
لا تقلدني، ولا تقليد مالكًا ولا الشافعي ولا الأوزاعي ولا الثوري، وخذ من حيث أخذوا
“Janganlah kalian taklid kepada saya dan jangan taklid kepada Malik, asy-Syafi’i, al-Auza’i, ataupun (Sufyan) ats-Tsauri. Tapi ambillah (dalil) dari mana mereka mengambilnya.”
Maka Mari kita renungi bersama Firman-Nya :
وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ تَعَالَوْا۟ إِلَىٰ مَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ وَإِلَى ٱلرَّسُولِ قَالُوا۟ حَسْبُنَا مَا وَجَدْنَا عَلَيْهِ ءَابَآءَنَآ ۚ أَوَلَوْ كَانَ ءَابَآؤُهُمْ لَا يَعْلَمُونَ شَيْـًۭٔا وَلَا يَهْتَدُونَ
“Apabila dikatakan kepada mereka’Marilah mengikuti apa yang diturunkan Allah dan mengikutiRasul’. Mereka menjawab, ‘Cukuplah untuk kami apa yang kami dapati bapak-bapak kamimengerjakannya. ‘Dan apakah mereka akan mengikuti juga nenek moyang mereka walaupun nenekmoyang mereka itu tidak mengetahui apa-apa dan tidak (pula) mendapat petunjuk” (AI-Maa’idah: 104)
يخبرنا الله عن حال المشركين حينما قال لهم الرسول صلى الله عليه و سلم : تعالوا إلى القرآن و توحيد الله و دعائه وحده، فقالوا يكفينا عقيدة الآباء، فرد عليهم القرآن قائلا إن آباءكم جهال لا يعلمون شيئا و لم يهتدوا إلى طريق الحق
Allah mengabarkan kepada kita dari keadaan orang-orang musyrik, saat Rasulullah Shallallaahu’alaihi wa Sallam berkata kepada mereka, “Marilah mengikuti Al-Qur’an dan mentauhidkan Allah,serta berdo’a hanya kepada Allah semata.”
Mereka kemudian menjawab, “Cukuplah bagi kami kepercayaan nenek moyang kami.” Maka Al-Qur’an membantah mereka bahwa nenek moyang mereka itu adalah bodoh, tidak mengetahuisesuatu serta tidak mendapat petunjuk kepada jalan yang benar.
✅Alloh Ta'ala Juga Berfirman :
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تُقَدِّمُوا۟ بَيْنَ يَدَىِ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ ۖ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌۭ
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَرْفَعُوٓا۟ أَصْوَٰتَكُمْ فَوْقَ صَوْتِ ٱلنَّبِىِّ وَلَا تَجْهَرُوا۟ لَهُۥ بِٱلْقَوْلِ كَجَهْرِ بَعْضِكُمْ لِبَعْضٍ أَن تَحْبَطَ أَعْمَٰلُكُمْ وَأَنتُمْ لَا تَشْعُرُونَ
إِنَّ ٱلَّذِينَ يَغُضُّونَ أَصْوَٰتَهُمْ عِندَ رَسُولِ ٱللَّهِ أُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ ٱمْتَحَنَ ٱللَّهُ قُلُوبَهُمْ لِلتَّقْوَىٰ ۚ لَهُم مَّغْفِرَةٌۭ وَأَجْرٌ عَظِيمٌ
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan RasulNya.dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu meninggikan suaramu lebih dari suara Nabi, dan janganlah kamu berkata kepadanya dengan suara keras sebagaimana kerasnya (suara) sebahagian kamu terhadap sebahagian yang lain, supaya tidak hapus (pahala) amalanmu sedangkan kamu tidak menyadari.
Sesungguhnya orang-orang yang merendahkan suaranya di sisi Rasulullah mereka itulah orang-orang yang telah diuji hati mereka oleh Allah untuk bertakwa. Bagi mereka ampunan dan pahala yang besar.
(Al-Hujurat: 1-3)
CATATAN UNTUK KITA SEMUA :
Ini adalah nasehat buat kita semua agar setiap orang yang beriman senantiasa mengedepankan serta mengagungkan perintah Alloh dan rosul-Nya , Dan larangan taqlid buta (bersikukuh mengekor) dengan pendapat orang yang dia cintai walaupun dari bapak-bapaknya, saudaranya, atau kyai-kyainya(ustadznya) yang mereka telah menyelisihi sunnah serta jalanya para ulama salaf yang kokoh lagi terpercaya dalam manhajnya.Wallohu A’lam
Akhukum Fillah Dipondok Annashihah Cepu.
📝 Akhukum Fillah Dipondok Annashihah Cepu.Dikutip dari Alquran Alkarim, Tafsir Ibnu Katsir, Shahih Imam Ahmad, Shahih Figh Sunnah, Alfirqotun Najiyah.Syarah masail jahiliyah Syeikh Fauzan.
Telegram : https://t.me/Pesantren_Salaf_Online
📝 Berkata al-Madani¹:
"Duhai betapa mengherankan apa yang mereka katakan karena kefanatikan
Sesungguhnya al-Masih ('Isa) bermadzhab Hanafi"
❌❗ Berkata al-Hashkafi di dalam kitab karyanya, ad-Durrul Mukhtar hal 13 tentang al-Imam Abu Hanifah:
👎🏻 "Cukuplah bagimu yang menunjukkan keutamaan beliau adalah tersebarnya madzhab beliau. Tidaklah beliau mengucapkan sebuah pendapat kecuali para imam dari kalangan ulama mengambil pendapat tersebut. Dan sungguh Allah telah menjadikan hukum (agama ini) ada di tangan para sahabat dan pengikutnya semenjak jaman beliau hingga hari ini sampai pada akhirnya Isa 'alayhis salam (menjelang kiamat-pent) akan berhukum dengan madzhab beliau pula."
🍋 Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i (TwIS)
✒️ Abu Abdillah Rahmat Situbondo
🔎 Muraja'ah: Al-Ustadz Musa bin Hadi hafizhahullah
🗓 20 Shafar 1439
09 November 2017
✏ Catatan Kaki:
1. Berkata asy-Syaikh Arafat bin Hasan hafizhahullah:
"Beliau adalah Muhammad bin Sa'id bin Safar al-Madani, salah seorang ulama yang bermadzhab Hanafi. Beliau termasuk ulama Madinah. Wafat pada abad ke-12. Beliau mempunyai manzhumah (syair) yang indah. Dan bait di atas adalah sebagian diantara isi syair tersebut.
2. Beliau adalah Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Ali bin Abdurrahman bin Muhammad al-Hashni, lebih dikenal dengan nama 'Ala-uddin al-Hashkafi. Seorang ulama ahli fiqh, ushul, muhaddits, dan nahwu ( *tapi sayangnya seorang fanatikus madzhab*-pent). Beliau adalah mufti madzhab Hanafi di Damaskus. Lahir tahun 1025 H dan wafat tahun 1088 H (diambil dari wikipedia Arab)
🇸🇦 Arabic
قال المدني:
واعجب لما قالوا من التعصبِ
إن المسيح حنفي المذهبِ
يقول الحصكفي في الدر المختار ص١٣ عن أبي حنيفة:
(وحسبك من مناقبه اشتهار مذهبه ما قال قولا إلا أخذ به إمام من الأئمة الأعلام وقد جعل الله الحكم لأصحابه وأتباعه من زمنه إلى هذه الأيام إلى أن يحكم بمذهبه عيسى عليه السلام)
https://twitter.com/Arafatbinhassan/status/928049879930327045
KOMENTAR