Bagaimana kita membedakan antara Jidal (perdebatan), Munaqasyah (diskusi) dan Al-Mira’ (debat kusir)?
Perbedaan Antara Jidal (perdebatan), Munaqasyah (diskusi) Dan Al-Mira’ (debat kusir)
Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah
Pertanyaan :
Bagaimana kita membedakan antara jidal (debat) dan munaqasyah (diskusi)? Dan kapan suatu diskusi bisa keluar dari batas diskusi dan berubah menjadi suatu perdebatan?
Jawaban :
Perdebatan adalah diskusi atau bahwa diskusi lebih umum. Jidal adalah seseorang berdebat dengan tujuan mengalahkan lawannya. Sedangkan diskusi adalah untuk memahami dan untuk mengungkap sebuah makna, ilmu dan yang semisalnya.
Tetapi, jika perdebatan berubah menjadi mira’ (debat kusir), maka ini yang dilarang, yaitu jika perdebatan itu tujuannya adalah untuk membela dirinya, baik dengan cara yang benar ataupun dengan cara yang salah, maka ini tidak boleh.
Adapun jika perdebatan tersebut mengantarkan untuk sampai kepada kebenaran dan membeberkan suatu kebatilan, maka ini adalah suatu yang benar, yang diperintahkan.
Jadi sekarang di sisi kita ada mira’ (debat kusir), jidal (perdebatan) dan munaqasyah (diskusi).
▪️ Mira’: berdebat untuk membela pendapatnya.
▪️ Jidal: berdebat untuk membela kebenaran.
▪️ Munaqasyah: kadang dia diskusi dengan gurunya agar menjadi jelas baginya sebuah ilmu, dan menjadi jelas sudut pandang sebuah hukum. Ini juga tidak mengapa.
Liqa Bab Al Maftuh 223/35 Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah
▫️••••••••••••••▫️
الفرق بين الجدال والنقاش والمراء
السؤال:
كيف نفرق بين الجدال والمناقشة، ومتى تخرج المناقشة من كونها مناقشة إلى كونها جدالاً؟
الجواب:
الجدال هو المناقشة أو أن المناقشة أعم، والجدال هو: أن الإنسان يجادل من أجل أن يغلب خصمه، والمناقشة: يستفهم ويستطلع المعنى والعلم وما أشبه ذلك،
لكن الجدال إذا كان مراءً هذا هو المحرم، إذا كان المقصود بالجدال أن ينتصر لنفسه بحق أو بباطل فهذا لا يجوز،
أما إذا كان الجدال يصل إلى الحق ويبطل الباطل فهذا حق مأمور به.
فعندنا الآن مراء وجدال ومناقشة.
المراء: أن يجادل لينتصر قوله.
الجدال: أن يجادل لانتصار الحق.
المناقشة: قد يكون يناقش مع أستاذه لأجل أن يتبين له العلم، ويتبين له وجه الحكم، هذا أيضاً لا بأس به.
لقاء الباب المفتوح ٣٥/٢٢٣ الشيخ إبن عثيمين رحمه الله
🔻🔻🔻🔻🔻🔻
Syabab Ashhaabus Sunnah ~ Editor : Ibnu abi Humaidi hafizhahullah
Majmu'ah Ashhaabus Sunnah
Channel telegram : http://bit.ly/ashhabussunnah
➖➖➖➖➖➖
KOMENTAR